Govinda Band Rilis Album Baru "Govinda Live Studio Session - London 2023" di Abbey Road Studios

images

Musik

Tim Jateng Report

26 Jul 2024


SEMARANG (Pojokjateng.com) - Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, Govinda, band yang beranggotakan Muhammad Irfan Hadari (Ifan) sebagai vokalis, Ade Nurulianto sebagai gitaris, Yosafat Luki Marendra sebagai bassis, dan Ritchie Ismail (Jeje) sebagai drummer, akhirnya merilis album terbaru mereka yang berjudul “Govinda Live Studio Session - London 2023”. Proses rekaman album ini terasa istimewa karena dilakukan di Abbey Road Studios, London, salah satu studio rekaman paling terkenal dan sakral di dunia.

Abbey Road Studios merupakan impian banyak musisi dunia untuk bisa memproduksi karya mereka di sana. Govinda beruntung menjadi salah satu band tanah air yang mendapat kesempatan merasakan kemegahan studio tersebut untuk menyalurkan karya-karya apik mereka.

"Selain merasa terhormat bisa rekaman di studio 2 Abbey Road, yang mana studio ini adalah tempat lahir dan saksi terciptanya sekitar 100 lagu hits The Beatles, Govinda juga berkesempatan berkolaborasi bersama National Symphony Orchestra (UK)," ujar Ade, sang gitaris. National Symphony Orchestra adalah salah satu orkestra ternama di dunia, dan semua lagu di album ini direkam secara live.

Rekaman secara live menuntut fokus dan konsentrasi lebih dari para personil Govinda dan pemain orkestra, karena apabila terjadi kesalahan, proses rekaman harus diulang secara keseluruhan.

“Dari segi teknis rekaman, Govinda merasakan kepuasan yang teramat sangat karena beruntung untuk menjaga audio yang sangat sakral ini. Proses mixingnya dilakukan oleh Chris Bolster, engineer yang juga pernah meramu sound audio untuk Placebo, Coldplay, Paul McCartney, Oasis, Take That, Foo Fighters, dan lainnya. Proses akhir mastering diramu oleh Alex Gordon yang juga terlibat dalam proses mastering musisi-musisi dunia seperti The 1975, Keane, Kali Uchis, dan Liam Gallagher,” tambah Ade.

Selain memperkenalkan logo terbaru mereka, Govinda juga merilis album ini dalam bentuk digital dan fisik yang dikemas secara eksklusif menjadi sebuah piringan hitam/vinyl, yang dirilis bersamaan dengan peluncuran albumnya.

Kembali Hadir Dengan Single “Pilihlah Aku”

Album “Govinda Live Studio Session - London 2023” berisi 12 lagu, termasuk remake lagu-lagu hits saat mereka bernama Domino. Lagu “Episode Bahagia”, single terbaru Govinda, juga termasuk dalam album ini dan menjadi jembatan menuju rilisnya album tersebut. Lagu ini mendapat sambutan hangat dan viral sebagai backsound untuk video pernikahan dan momen bahagia di media sosial.

Lagu-lagu lama Govinda yang di-remake antara lain “Bawa Aku Lari”, “Satu Frekuensi”, “Hal Hebat”, “Rahasia Besar”, “Cinta Terakhir”, “Mantan Terbaik”, “Siapa Yang Pantas”, dan “Pilihan Hatimu”. Sementara itu, lagu-lagu baru di album ini adalah “Episode Bahagia”, “Karya Seni Favorit”, “Rindu Menyiksa”, dan remake lagu hits dari Krisdayanti yang merupakan karya Denny Chasmala, “Pilihlah Aku”.

Govinda membawakan “Pilihlah Aku” dengan aransemen yang lebih “ngeband”, menunjukkan bahwa lagu yang dulunya hits dibawakan oleh penyanyi wanita, juga bisa dibawakan oleh penyanyi pria. Govinda berhasil membawakan lagu ini dengan sangat baik, sehingga tidak salah jika mereka memilih “Pilihlah Aku” sebagai track title mereka di album ini.

Dengan hadirnya album “Govinda Live Studio Session - London 2023” yang berisi lagu-lagu baru dan remake, Govinda berharap dapat meramaikan kembali industri musik di Indonesia, dan mengobati rasa kangen para pendengar musik di Indonesia, terutama Gomania (sebutan fans Govinda).

CREDIT TITLE

“GOVINDA LIVE STUDIO SESSION - LONDON 2023”

Vocal : Muhammad Irfan
Guitar : Ade Nurulianto
Bass : Yosafat Luki Marendra
Drum : Ritchie Ismail
Producer : William Chow
Recorded at : Abbey Road Studios London Studio 2
Studio Engineer : Chris Bolster
Recordist : Christ Parker
Assistant : Annie Gasiorowski 
Audio Editor : Ade Nurulianto, Jones Roma
National Symphony Orchestra (UK) String Quartet: Hannah Dawson (Violin), Samuel Staples   (Violin), Annie Beilby (Viola), Cara   Berridge (Cello)
Keyboards : Ferry Kurniawan
Brass Section (Pilihlah Aku, Rindu Menyiksa) : Rio Sidik
Mixing : Chris Bolster
Mastering : Alex Gordon
Record Label : MyMusic Records
All Songs Publisher : Kreatif Indigo Musik
Production Manager : Rahma Agustina
Video Director : TB Elvan
Camera Operator at Studio : Abi Ismail, Triaji Wasono Jati, Widya   Trinanda
Still Photo : Triaji Wasono Jati, Abi Ismail
Unit Manager : Abi Ismail, Rodney Mitchell Cornelis
Production Assistant : Feru Musdhary
Art Director : Al Anfal Ibrahim Tubagus

“Pilihlah Aku”

Artist : Govinda
Song & Lyrics : Denny Chasmala
Producer : William Chow
Sound Engineer : Chris Bolster
Recordist : Christ Parker
Assistant : Annie Gasiorowski 
Audio Editor : Ade Nurulianto, Jones Roma
National Symphony Orchestra (UK) : Hannah Dawson, Samuel Staples, Annie   Beilby, Cara Berridge, Esther Kim, Laura   Amstrong
Keyboards : Ferry Kurniawan
Brass Section : Rio Sidik
Mixing : Chris Bolster
Mastering : Alex Gordon
Record Label : MyMusic Records
Song Publisher : Kreatif Indigo Musik
Director : TB Elvan
Offline Editor : TB Eres
Colorist : Irfan Jacing
Director of Photography : TB Elvan
Production Manager : Rahma Agustina
Camera Operator at Studio : Rodney Mitchell Cornelis, Abi Ismail,   Triaji Wasono Jati, Widya Trinanda
Still Photo : Triaji Wasono Jati, Abi Ismail
Unit Manager : Abi Ismail, Rodney Mitchell Cornelis
Production Assistant : Feru Musdhary

tag: berita



BERITA TERKAIT